Selasa, 06 Maret 2012

Video Pancasila Rumah Kita Versi Kolosal

Sejumlah tokoh seniman bersama beberapa penyanyi dan artis sinetron muda akan menghelat acara penghormatan untuk Franky Sahilatua, pemusik sekaligus aktivis yang telah tutup usia pada bulan April lalu. Beberapa penyanyi dan artis sinetron muda, seperti Reza Rahadian, Atiqah Hasiholan, Teuku Wisnu, Shireen Sungkar, Glenn Fredly, Berlian Hutauruk, Tompi, Edo Kondologit, serta beberapa artis lain akan unjuk tampil membacakan puisi dan narasi kebudayaan, selain memainkan beberapa lagu karya Franky yang sarat kritik sosial.
Acara yang diinisiasi oleh Akar Indonesia bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jakarta, Green Music Foundation, dan Kalyana Shira itu akan dilangsungkan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki pada Selasa (31/5) mendatang.

"Acara penghormatan untuk Franky ini sekaligus mengingat kembali soal idealismenya, Pancasila sebagai rumah kita," ujar Ratna Sarumpaet, seniman senior sekaligus penggagas acara tersebut.
Sementara itu bagi Dewan Kesenian Jakarta, acara 'Pancasila Rumah Kita' menjadi aksi lanjutan dari kampanye merespon kondisi semakin pudarnya kesadaran masyarakat atas multilkulturalisme bangsa. Juga sebagai pengingat atas kesepakatan berbangsa (Pancasila dan Sumpah Pemuda) yang saat ini seolah hendak dibelokkan menjadi dominasi satu kelompok saja.
"Kampanye bulan kemerdekaan bertajuk 'identitas Untuk Semua' melalui berbagai program seni-budaya, serta Pidato Kebudayaan 'Merawat Republik Dengan Akal Sehat' yang dihelat pada akhir tahun lalu, menegaskan kritik Dewan atas sikap diamnya pemerintah terhadap berbagai aksi kekerasan atas kelompok minoritas di tanah air," jelas Abduh Aziz, Sekjen Dewan Kesenian Jakarta.
Acara 'Pancasila Rumah Kita, A Tribute to Franky Sahilatua' yang bisa diikuti secara gratis bagi publik, rencananya akan ditutup dengan pembacaan pidato politik yang akan disampaikan pengamat politik dari Universitas Paramadina, Yudi Latif. 
Inilah kado ulang tahun kemerdekaan spesial dari MBDC untuk Indonesia! Sejak awal Agustus sampai 14 Agustus, tim malesbanget.com berkeliling Jakarta dan Yogyakarta demi menodong orang-orang untuk menyanyikan lagu Pancasila Rumah Kita yang diciptakan oleh om Franky Sahilatua. Puluhan footage dan berjam-jam waktu render kemudian, akhirnya MBDC berhasil menciptakan sebuah video epik yang diperuntukkan hanya bagi Indonesia. Semoga hasilnya lumayan buat bikin kamu semua tergugah.
CEK VIDEOnya DI BAWAH INI :


 DOWNLOAD MP3 Pancasila Rumah Kita Versi Kolosal

Ternyata setelah baca-baca lebih jauh ternyata lagu Pancasila Rumah Kita ini adalah ciptaan Alm. Franky Sahilatua sengaja dinyanyikan bersama oleh para artis itu sebagai kado ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini difasilitasi oleh MBDC (malesbanget!dotcom). Lagu Pancasila Rumah Kita – Versi Kolosan #17an dinyanyikan oleh beberapa artis seperti: Glenn Fredly, Kill The DJ, Pandji, Tompi, Desta, Nicholas Saputra (baca UUD ’45), Sherina Munaf, Endah and Rhesa, Alexa, Endank Soekamti, Indra Bekti, Fla TOFU, GAding Mathin, Titi Kamal, Dira Sugandi, Laskar Srikandi Mataram, Tike dan Ronald, Be3 (AB three), ada permainan gitarnya Eross SO7 juga, dan sepertinya masih ada arti-artis lain yang tidak saya kenali satu persatu

:D

Konsep: @malesbanget & @ID_Optimis
Director: C.Sugiono
Line Producer: Sesa Nasution
Cameraman 1: Ade Darmawan
Cameraman 2: Jerry Hadiprodjo
Editor 1: Firdauzi
Editor 2: Annas
Song Audio: Aldisyah Latuihamallo
Suling: Djaduk Ferianto
Post Production: Subtube Studio


Sumber: youtube.com dan Kapan Lagi.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar