Apa itu “HIP-HOP” ?
Terkadang orang awam menganggap kalau HIP-HOP itu
menampilkan pakaian besar (longgar) seperti baju besar dan celana besar,
sampai sepatu pun besar, tapi apa salah orang awam tersebut mengakatan
seperti itu ?, Tentunya tidak salah, tapi HIP-HOP itu adalah sebuah gerakan budaya. Untuk lebih memahi apa arti kata HIP-HOP itu, silahkan kita baca bersama.
Tapi ini hanya sepengatahuan saya tentang apa itu HIP-HOP , ini saya mendapatkan semua tentang HIPHOP berkat share dari teman-teman HIPHOP, dan sekilas membaca artikel apa itu HIPHOP .
Hip-hop
Hip Hop adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970’an yang dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip Hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari MCing (lebih dikenal rapping), DJing, Breakdance, dan Graffiti. Belakangan ini elemen Hip Hop juga diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya.
Awalnya pertumbuhan Hip Hop dimulai dari The Bronx di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Awalnya musik Hip Hop hanya diisi dengan musik dari Disk Jockey dengan membuat fariasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. “Rapping”
kemudian hadir untuk mengisi vokal dari bunyi-bunyi tersebut. Sedangkan
untuk koreografinya, musik tersebut kemudian diisi dengan tarian
patah-patah yang dikenal dengan breakdance. Pada perkembangannya Hip Hop juga dianggap sebagai bagian dari seni dan untuk mengekspresikan seni visual muncullah Graffiti sebagai bagaian dari budaya Hip Hop.
Etimologi
Ada pendapat yang mengatakan Hip Hop sebenarnya berasal dari kosakata Afro-Amerika, yakni hip yang secara harfiah dapat diartikan sebagai “memberitahu” atau “sekarang” dan akhiran hep. Ada juga pendapat lain yang mengatakan “hip hop” merupakan sebutan lain dari Bebop. Namun menurut Keith “Cowboy” Wiggins, salah satu anggota Grandmaster Flash and the Furious Five, istilah “hip hop” terinspirasi saat ia bercanda dengan temannya yang baru bergabung dengan Angkatan Bersenjata. Bunyi “hip hop”
sendiri merupakan tiruan bunyian hentakan kaki tentara. Pada setiap
pementasannya kemudian, Cowboy menjadikan kata tersebut sebagai
improvisasi saat saat rapping. Hal ini kemudian ikuti oleh
musisi Hip Hop lain. Termasuk oleh Afrika Bambaataa yang kemudian
mempopulerkannya sebagai nama dari genre musik yang dibawakannya itu.
Sejarah
1520 Sedwick Avenue adalah sebuah kawasan di New York
yang diklaim sebagai tempat awal lahirnya komunitas HipHop. “Disinilah
kami berasal”, cetus Clive Campbell, salah seorang yang merelakan lantai
satu di rumahnya dijadikan sebuah markas untuk berkumpul. “Kebudayaan
Hip Hop berawal dan lahir disini, yang nantinya akan tersebar di seluruh
dunia, di sinilah kami barasal karena memang kami tidak memiliki tempat
lain untuk bertemu, bukan di tempat lain” sahutnya. Selain nama
tersebut, terdapat pula nama DJ Kool Herc yang memperkenalkan turntable
pada saat itu di sebuah party pada tahun 1973. Pada awal penampilannya,
DJ Kool Herc membawakan lagu-lagu dari James Brown, Jimmy Castor, dan
Babe Rooth. Kool Herc pula lah yang akhirnya menciptakan scratch dan
bunyi-bunyian aneh yang menimbulkan sebuah sensasi yang luar biasa pada
saat itu.
HipHop terasa kurang lengkap tanpa MC. Celah inilah yang dilihat oleh
Melle Mel, MC pertama pada dunia Hip Hop. Pada awalnya Melle Mel merasa
bingung apa yang akan diucapkannya pada penampilan pertamanya tersebut,
namun karena dirinya telah dipenuhi kebosanan dengan
peraturan-peraturan dari pemerintah yang mengekang, akhirnya Melle Mel
mengeluarkan rasa bencinya pada pemerintah dan pandangannya tentang
kehidupan lewat lirik-liriknya. Mulai saat itu lah musik HipHop lebih
banyak menceritakan tentang kehidupan disekitar masyarakat kulit hitam
dan teriakan-teriakan serta protes suara hati mereka kepada pemerintahan
yang berlaku tidak adil. Lirik-lirik musik Hip Hop cenderung keras dan
tegas. Itulah Hip Hop.
Hip Hop sebagai kebudayaan diperjelas lagi pada tahun 1983 oleh Black
Spades yang merupakan anggota dari Afrika Bambaataa dan The Soulsonic
Force lewat track yang berjudul “Planet Rock”. Lagu ini merupakan sebuah
musik Hip Hop yang menarik karena memiliki perpaduan antara rap yang
sederhana dan irama musik disko yang diciptakan melalui drum electronic
dan synthesizer. Pada tahun 1985 berulah dengan teknologi stereo, Run
DMC, LL Cool J, The Fat Boys, Herbie Hancock, Soulsonic Force, Jazzy
Jaz, dan Stetsasonic yang mengeluarkan album-album andalannya sehingga
menjadi legenda musik Hip Hop hingga saat ini.
Era Hip-Hop
Hip Hop juga memiliki masa kejayaannya masing-masing. Setiap masa
menghasilkan beberapa artis dan hits yang cukup meledak, dan memiliki
pengikut yang tidak sedikit.
Golden Age HipHop (1986-1992)
Masa keemasan Hip Hop dimulai ketika Run DMC menelurkan album
“Raising Hell” pada tahun 1986, dan diakhiri dengan munculnya G-Funk
pada tahun 1992. Masa ini lebih didominasi oleh musisi dari East Coast
yang bermarkas di New York City. Label Def Jam Records menjadi salah
satu label East Coast yang independen saat itu.
Modern Era (1992-1998)
Ice T, NWA, Mobb Deep dan Tupac Shakur sukses menciptakan gangsta rap
dengan irama musik yang masih gelap namun dengan beat-beat yang cukup
kencang. Pada awal tahun 1992, gangsta rap mulai menjadi sebuah musik
yang sangat mainstream dengan munculnya Dr. Dre dengan The Chronic’s.
Album ini muncul dengan gaya baru yang disebut G-Funk, yang di dominasi
oleh musik tahun 70’an. G-Funk pula lah yang akhirnya menjadi sebuah
identitas musik West Coast Hip Hop pada saat itu.
Jiggy/Bling-Bling Era (1998-Present)
Nama-nama seperti OutKast, No Limit, dan Cash Money Records merupakan
bagian dari era ini. Mereka lah yang mempopulerkan jenis musik mereka
sehingga timbulah istilah Jiggy atau Bling-Bling Era. Musik pada era ini
dinamakan Neo Soul yaitu campuran antara musik Hip Hop dan musik Soul.
Subgenre Hip Hop
Hip Hop juga mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, terutama
pada jenis musik itu sendiri. Hip Hop pun mulai dikombinasikan dengan
musik-musik lain seperti rock, reggae, techno, dan sebagainya.
Rapcore
Run DMC sempat berkolaborasi dengan band hard rock Aerosmith pada
lagu “Walk This Way”. Kolaborasi ini benar-benar sukses dan duduk di
nomor satu rapsong hit di tangga lagu Billboard Hot 100. Selain Run DMC,
pada tahun 1987 Beastie Boys juga sukses dengan rap core-nya dengan
hits “Licensed to Ill” yang di produseri oleh Def Jam Records. Pada lagu
ini Beastie Boys bekerja sama dengan Black Sabbath dan Led Zeppelin,
dan dibantu oleh Kerry King, gitaris dari Slayer. De La Soul’s juga
merilis lagu rap core “3 Feet High and Rising” pada tahun yang sama.
Pada sekitar tahun 2000, Linkin Park merilis album dengan genre Rapcore / Rap Rock dengan nama Hybrid Theory dengan lagu In The End sebagai best song-nya.
Electro
Musik yang satu ini memang sedang naik-naiknya di saat ini, dan tidak
ada yang tahu bahwa ternyata Electro juga merupakan bagian dari musik
Hip Hop. Run DMC menjadi dedengkot pada aliran yang satu ini. “Planet
Rock” dari Afrika Bambaataa menjadi target Run DMC untuk disisipi irama
Eelctro ini dan ternyata sangat sukses di pasaran. Hits berikutnya ialah
“It’s Like That” yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita.
Miami Bass
Miami Bass ialah bagian dari Hip Hop yang dipopulerkan oleh 2 Live
Crew, JJ Fad, DJ Magic Mike, dan DJ Laz. Musik ini sangat berkarakter
irama bass yang kuat, dan lirik yang sedikit menyinggung tentang seks
menjadi bagian dari kelompok yang satu ini.
Hardcore Hip Hop
Pada tahun 1990’an, musik dari New York dan East Coast menjadi musik
yang sangat keras dan gelap, sesuai dengan kehidupan yang terjadi
disana. Artis dari tahun 80’an akhir seperti EPMD dan Eric B serta Rakim
menjadi salah satu pendiri dari musik dengan irama yang keras ini.
Selain dua nama tersebut, Public Enemy beserta pasukannya The Bomb Squad
juga tidak mau kalah untuk menyuarakan kreativitas mereka dengan nuansa
kriminal di setiap lirik-lirik lagu mereka. Wu-Tang Clan merilis album
mereka pada tahun 1993 “Enter the Wu-Tang (36 Chambers)”, dan albumnya
merupakan sebuah gebrakan pada tahun tersebut, khususnya di genre musik
Hardcore Hip Hop.
Beberapa bagian dari hiphop :
Rap
Rap adalah salah satu unsur musik hip-hop. Rap merupakan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, sementara pelakunya disebut rapper. Biasanya, rap diiringi oleh DJ maupun sebuah band.
Biasanya, rapper seperti penyanyi biasa, yaitu bernyanyi solo. Contohnya adalah Xzibit dan Jay-Z. Ada pula rapper yang menjadi anggota band, misalnya Mike Shinoda dari Linkin Park. Umumnya, rapper berkulit hitam karena banyak rapper berasal dari daerah pinggiran. Di antara sedikit rapper yang berkulit putih adalah Eminem dan Sean Paul. Rapper sering disebut pula dengan MC (Master of Ceremony).
Di Indonesia sendiri, musik rap telah berkembang dan menjadi salah
satu genre yang diminati banyak anak muda. Musisi rap atau hip-hop lokal
di dalamnya termasuk, Iwa K, Neo, Soul ID, Yacko, SAYKOJI, Rotra, X-Calibour, Daviuz, DyNamiD, Dmust Akira, Lazy P, Flatboy, 8 ball, Jaypey dan masih banyak lagi.
Beatbox
Beatbox merupakan salah satu bentuk seni
yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan
drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya,
khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia
seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Pemain
beatbox atau lebih dikenal dengan beatboxer, mampu mendemonstrasikan
segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. Beatbox selalu dikaitkan
dengan vokal perkusi maupun dengan multivokalisme. Meskipun pada
dasarnya sama, namun secara umum perbedaan Beatbox terletak pada
keterkaitannya dengan budaya dan musik Hip Hop[1]. Meski demikian pada prakteknya beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainya seperti Rock, Pop, R&B, dan sebagainya.
Sejarah Beatbox
Tradisional
Imitasi suara sudah dikenal masyarakat dunia sejak dahulu kala. Meskipun tidak ada hubungan langsung dengan budaya Hip Hop, seni-seni vokal perkusi seperti musik Bol di India, Kouji di China, maupun teknik vokla perkusi dari Afrika turut menjadi landasan dalam beatboxing. Di Indonesia sendiri terdapat tari kecak yang musik latarnya merupakan paduan dari bunyi-bunyi dari kosakata tertentu.
Era Hip Hop
Beatbox dalam dunia Hip Hop mulai dikenal pada tahun 1980-an. Kata
“beat box” secara harfiah mengacu pada mesin drum generasi pertama, oleh
sebab itu para beatboxer pada era tersebut sering dijuluki sebagai “Human Beat Box“. Musisi yang menjadi pelopor diataranya Doug E. Fresh, Darren “Buffy” Robinson dari grup The Fatboys, dan Leonardo “Wise” Roman dari Stetsasonic. Masing-masing musisi mempelopori ciri khas dan gaya yang berbeda-beda dan menginspirasi generasi beatboxer berikunya. Selain menghasilkan suara ketukan dan ritme, pada era ini musisi Biz Markie juga memperknalkan teknik MCing dan menyanyi yang digabungkan dengan suara perkusi.
Era Modern
Pada dekade 1990-an, musisi Beatbox banyak bermuculan dan juga
berkonstibusi dalam penyebaran beatbox ke seluruh penjuru dunia.
Beatboxer yang cukup tersohor antara lain Vaughan Chadderton, Rahzel,
Kenny Muhammad, serta Matisyahu. Perkembangan Internet juga memberi
dampak positif bagi perkembangan beatbox di seluruh dunia.
Pada tahun 2005, untuk pertama kalinya diadakan kejuaraan beatboxing sedunia di Leipzig, Jerman. Kejuaraan ini diikuti oleh Beatboxer dari seluruh penjuru dunia seperti Tom Thumb dan Joel Turner dari Australia, White Noise dari Irlandia, Roxorloops dari Belgiua), Poizunus dari Kanada, serta Faith SFX dari Inggris. Di akhir kejuaraan, dinobatkanlah Joel Turner dari Australia sebagai pemenang pertamannya. Sedangkan posisi runner-up diberikan kepada Roxorloop dari Belgia.
Grafiti
Grafiti (juga dieja graffity atau graffiti)
adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna,
garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat
tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot
kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan
sapuan cat menggunakan kuas atau kapur.
Sejarah
Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai
cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafitty digunakan
sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat
berburu.
Perkembangan kesenian di zaman Mesir kuno juga memperlihatkan
aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Lukisan ini
mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Firaun) setelah dimumikan.
Kegiatan grafiti sebagai sarana menunjukkan ketidak puasan baru dimulai pada zaman Romawi
dengan bukti adanya lukisan sindiran terhadap pemerintahan di
dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar.
Grafiti pada zaman modern
Adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan
kesulitan bagi masyarakat golongan tertentu untuk mengekspresikan
kegiatan seninya. Akibatnya beberapa individu menggunakan sarana yang
hampir tersedia di seluruh kota, yaitu dinding.
Pendidikan kesenian yang kurang menyebabkan objek yang sering muncul
di grafiti berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami
golongan tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan
terhadap keadaan sosial yang mereka alami.
Meskipun grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan
tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti tetap
merupakan ekspresi seni yang harus dihargai. Ada banyak sekali seniman
terkenal yang mengawali kariernya dari kegiatan grafiti.
Fungsi grafiti
- Bahasa rahasia kelompok tertentu.
- Sarana ekspresi ketidak puasan terhadap keadaan sosial.
- Sarana pemberontakan.
- Sarana ekspresi ketakutan terhadap kondisi politik dan sosial.
Hukum
Pada perkembangannya, grafiti di sekitar tahun 70-an di Amerika dan Eropa akhirnya merambah ke wilayah urban
sebagai jati diri kelompok yang menjamur di perkotaan. Karena citranya
yang kurang bagus, grafiti telanjur menjadi momok bagi keamanan kota.
Alasannya adalah karena dianggap memprovokasi perang antar kelompok atau
gang. Selain dilakukan di tembok kosong, grafiti pun sering dibuat di
dinding kereta api bawah tanah.
Di Amerika Serikat sendiri, setiap negara bagian sudah memiliki peraturan sendiri untuk meredam grafiti. San Diego, California, New York
telah memiliki undang-undang yang menetapkan bahwa grafiti adalah
kegiatan ilegal. Untuk mengidentifikasi pola pembuatannya, grafiti pun
dibagi menjadi dua jenis.
Breakdance
Breakdance, breaking, b-boying atau b-girling adalah gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop diantara African American dan anak muda dari Puerto Rico yang dilakukan di bagian selatan New York City yang brutal pada tahun 1970. Pada Umumnya tarian ini diiringi lagu hip hop,rap, atau lagu remix(lagu yang di aransemen ulang).
Seorang breakdancer, breaker, b-boy atau b-girl adalah orang yang memainkan gerakan breakdance.
Asal Mula: Dari Jalan Menjadi Tarian
One of the major breakdance street culture pushes was Michael Jackson‘s Robot dance,
first performed on television in 1974. The performance received a large
following with many later breakdance pioneers further popularizing
breakdance in the late 1970s.
Breakdance mulai menunjukan geliatnya ketika DJ Koll Herc mulai
menghasilkan musik yang sedikit berbeda dengan musik-musik pada zaman
tersebut. Sebuah musik Hip Hop dengan beat yang patah-patah atau biasa disebut dengan break beat.
Ialah yang berjasa dalam menghasilkan musik yang dapat menginspirasi
para breaker menciptakan gaya-gaya yang atraktif dan unik. Selain
sebagai DJ yang menciptakan sebuah musik yang sangat pas untuk
breakdance, Koll Herc juga termasuk salah satu senior di dunia musik Hip
Hop. Ialah yang pada saat itu rela menjadikan tempat tinggalnya sebagai
markas untuk komunitas ini.
Michael Jackson adalah orang yang mendorong pertumbuhan Breakdance. Jacko mulai memperkenalkan robot dance
atau gerakan yang menyerupai robot pada lagu-lagu yang dibawakannya
pada tahun 1974 di penampilan perdananya di televisi. Selain itu, di
setiap penampilannya Jacko juga selalu membawakan berbagai macam gerakan
yang cukup melegenda, salah satunya ialah moon-walk.
Jacko juga selalu menemukan tarian-tarian baru yang membuat siapa saja
yang melihatnya langsung penasaran dan mencoba mengikuti gerakan yang
dibawakannya. Pada saat itu memang hanya Jacko yang cukup melegenda
dengan tarian-tarian yang langsung menyebar seperti virus dan membuat
orang-orang berusaha mengikuti gerakan-gerakan yang dibawakanya.
Jika dilihat lebih jauh, jenis tarian ini telah lahir jauh sebelum Michael Jackson tampil di pertunjukan yang menghebohkan dengan robot dance-nya tersebut. Sang legenda musik Funk James Brown telah menunjukan sebuah tarian yang sedikit banyak juga memiliki gerakan yang mirip dengan breakdance.
Perkembangan jenis tarian yang satu ini pun sangat pesat, bahkan
beberapa komunitas di Amerika mulai terbentuk. Pada tahun 1980′an,
breakdance sudah menjadi seperti fashion di Amerika. Hampir di setiap
malam di beberapa bagian kota terdapat beberapa komunitas yang saling
menunjukan kebolehannya dalam melakukan jenis tarian ini, walau tidak
sedikit yang berujung pada keributan. Cara mereka berkompetisi memang
sangat mirip dengan dengan freestyle yang biasa ditemukan pada musik Hip
Hop. Tidak hanya di jalan-jalan saja tarian ini ditemukan, karena club
dan party pun menjadi lahan empuk bagi para breaker untuk menunjukan
kebolehannya.
Setelah sempat menjadi “sampah” di beberapa tempat umum tersebut,
akhirnya breakdance mulai menunjukan kelasnya. Pada akhir tahun1980,
mulai banyak kompetis breakdance yang resmi bermunculan dan Battle Of
The Year merupakan salah satu kompetisi yang sangat berkelas. Kehadiran
kompetisi ini langsung diikuti dengan berbagai kompetisi lainnya yang
seara tidak langsung mengangkat kelas jenis tarian ini.
Tarian
Toprocks menampilkan gerakan yang membtuhkan fleksibilitas, gaya , dan yang paling penting irama.
Tarian ini biasa digunakan pada awal pertunjukkan sebagai pemanasan
beberapa gaya akrobatik lain. Dowrock biasanya ditampilan dengan posisi
tangan dan kaki pada lantai. Pada downrock, seorang breaker
menampilkan perputaran tubuh dengan kecepatan kaki dan kontrol dengan
cara mengkombinasi gerakan kaki. Kombinasi ini akan menampilkan gaya
yang disebut power moves;;
Power Move adalah gerakan yang membutuhkan momentum dan kekuatan fisik untuk menjalankannnya. pada power move, breaker lebih bergantung pada kekuatan tubuh bagian atas untuk menari, menggunakan tangan untuk bergerak. Power Move terdiri dari Windmill, Swipe, dan Flare. Beberapa gerakan meminjam dari bela diri seperti buttertfly kick.
Freeze adalah menahan gerakan dengan pose yang bagus. Semakin sulit freeze, membutuhkan kekuatan tubuh breaker untuk menahan dirinya, dengan pose seperti Handstand .
Suicide adalah tarian penutup sebagai kebiasaan breaker. Breaker akan membuat dirinya terhilat kehilangan kendali dan jatuh dengan punggung, perut, dll. Semakin sakit penampilan suicide terlihat, semakin bagus tarian tersebut, tetapi breaker
akan melakukannya dengan sebuah trik untuk mengurangi sakit. Biasanya
tarian ini juga digunakan untuk menarik penonton setelah gerakan freeze.
Pertandingan kompetisi antar breaker dilakukan di arena terbuka(pada panggung atau sebuah lapangan). Pemenang ditentukan dari kombinasi dari berbagai variasi gaya.
Pada budaya Pop
Walaupun, breakdance dimulai pada golongan muda di gang jalanan.
Sekarang, budaya breakdance menjadi sebuah disiplin yang baru diantara penari dan atlit. Budaya breakdance sekarang bebas dipelajari oleh ras, jenis kelamin , umur apa saja dan diterima secara mendunia.
Pandangan Dunia
Musik
Musik menjadi salah satu elemen penting dalam breakdance, karena para
breakers tentu tidak akan bisa menari tanpa musik. Bahkan kadang-kadang
musik-musik yang seru dapat menjadi sebuah inspirasi tersendiri bagi
para breakers ini. Musik-musik dengan irama break beat merupakan menu
wajib di sini, yaitu dengan campuran musik-musik lain seperti Jazz, Soul, Funk, Electro, Electro Funk, Disco, Hip Hop, sampai R&B.
Musik-musik ini tidak dibiarkan murni begitu saja, karena ada DJ yang
bertugas mengolah musik tersebut sehingga akan terdengar sangat serasi
dengan gerakan-gerakan yang ada.
Tempo pada musik yang dimainkan disini berkisar antara 110 hingga 135
beats per minute (BPM), sedangkan di Eropa untuk urusan musik memang
sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Amerika. Kalu di Amerika para
breakers menggunakan black music untuk mengiri tarian mereka, maka Eropa
memilih jenis musik electronica dan rock untuk mengiringi mereka. Musik
yang berbeda tersebut menjadi sebuah warna tersendiri di dunia ini, dan
gerakan-gerakan yang mereka mainkan pun terlihat lebih extreme
dibandingkan dengan gerakan para breakers yang menggunakan musik-musik
pada umumnya.
Fashion
Bagi para breakers, selain musik, fashion atau wardrobe juga bagian
yang sangat penting, karena menurut mereka fashion merupakan identitas
diri mereka sendiri. Breakers pada tahun 1980′an memilih brand Adidas,
Puma atau Fila untuk sepatu yang mereka gunakan, karena sepatu dari
brand ini memiliki tingkat kelenturan yang sangat nyaman dan cukup
menunjang mereka dalam melakukan gerakan-gerakan pada tarian ini.
Beberapa breakers bahkan sengaja menggunakan topi, t-shirt dan sepatu
dengan brand yang sama sehingga terlihat lebih serasi. Sebagai aksesori
tambahan beberapa Breaker membawa tape
sebagai pemutar musik. Pada akhir-akhir ini para b-boys juga sering
mengenakan kostum seperti b-boys pada era tahun 80′an, karena fashion
para b-boys pada tahun tersebut benar-benar sangat nyaman dan cukup
sederhana, sehingga mempermudah ruang gerak mereka.
Selain identitas dari para b-boys, ternyata beberapa atribut yang
mereka gunakan ini juga memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai pelindung
ketika mereka melakukan gerakan-gerakan yang cukup extreme. Walaupun
berfungsi sebagai pelindung, namun tetap saja bagian dari fashion ini
sangat menarik untuk diperhatikan dan tentunya tetap menunjang fashion
dari para b-boys tersebut. Headwear seperti helm skateboard atau topi
menjadi pelindung kepala mereka ketika melakukan gerakan headspins
(berputar dengan kepala sebagai tumpuan dan kaki diatas). Selain itu
bandana yang mereka kenakan pada kening mereka juga berguna untuk
menahan rambut mereka sehingga tidak menutupi mata mereka ketika sedang
menari.
Jika pada umumnya kita melihat dandanan para b-boys sangat mirip
dengan dandanan para jamers atau skateboarder, Anda tidak perlu heran
jika melihat para b-boys dengan dandanan a la punk atau gothic
sekalipun, karena sebenarnya hal itu sah-sah saja, karena fashion-lah
yang menjadi identitas mereka.
Indonesia pun nampaknya tidak kalah dalam jenis tarian ini. Beberapa
breakers di Indonesia juga pernah menjuarai kompetisi-kompetisi
breakdance yang diadakan di luar negeri. Perkembangan breakdance di sini
pun bisa dibilang cukup pesat, namun sayangnya beberapa breakers masih
kurang dalam urusan penampilan , seperti pemilihan tempat yang salah
untuk melakukan gerakan-gerakan anehnya, entah karena ingin pamer atau
memang tidak ada tempat lagi.
Breakdance sebagai tarian rakyat
Ada beberapa akademisi yang tertarik apakah Breakdance bisa disebut sebagai tarian rakyat. Yang pada aslinya berasal dari Angola yang dibawa ke Brazil melalui perdagangan budak.
asal mula break dance juga dari tarian bela diri dari brasil yaitu CAPOERA
Ekspos media
Pada 1980, dengan bantuan budaya pop dan MTV, breakdance dibawa dari Amerika menuju bagian dunia yang lain sebagai fenomena budaya yang baru. Musisi seperti Michael Jackson populer karena beberapa gaya breakdance di video musik, dan film seperti Flashdance, Wild Style, Beat Street, Breakin’, dan Breakin’ 2: Electric Boogaloo yang juga mendukung penampilan breakdance. Sekarang, banyak b-boy dan b-girl tidak senang media karena perubahan fokus breakdance untuk uang dan berlebihan menggunakan power move. Breakdance juga di buat pada dokumenter film: The Freshest Kids: A History of the B-Boy, film ini merekam budaya, asal, perubahanm dan gaya-gaya breakdance diiringi musik Hip Hop.
Kontroversi
Dengan tujuan rekreasi dan hiburan, tarian ini tidak mempunyai perdebatan atau kontroversi.
Asosiasi Geng
Orang sering menyatakan bahwa breakdance menggantikan pertarungan
antara geng jalanan, karena beberapa percaya sebuah konsepsi yang salah
mengenai b-boy yang memainkan peran mendamaikan persaingan antar geng.
Keributan antar geng kelihatannya menjadi sebuah kontroversi pada awal
sejarah breakdance.
Resiko Cedera
Breakdance mempunyai risiko cedera karena terlalu banyak berlatih
atau tanpa pengawasan profesional. Breaker pemula harus berlatih dengan
pengawasan profesional untuk mengurangi risiko cedera.
Disk Jockey (DJ)
Seorang disc jockey (disebut juga DJ, atau deejay)
adalah seseorang yang terampil memilih dan memainkan rekaman suara atau
musik yang direkam sebelumnya untuk pada pendengar yang menginginkan.
Asal mula DJ
Istilah DJ ini pertama kali digunakan untuk menggambarkan seorang peyiar radio yang akan memperkenalkan dan memainkan rekaman gramophone yang populer. Rekaman pada media ini, juga dikenal sebagai “cakram” dimana dalam industri ini dimainkan oleh peyiar-penyiar radio, oleh karena itu nama disc jockey dan selanjutnya lebih akrab dikenal sebagai DJs atau deejays.
Sekarang karena berbagai faktor, termasuk musik yang dipilih, para
pendengarnya, penyetelan kinerja, media yang digunakan dan perkembangan
dari manipulasi suara, telah menghasilkan berbagai macam teknik DJ.
Apa yang dilakukan oleh seorang DJ
Aksi fisik daripada seorang DJ adalah memilih dan memainkan rekaman-rekaman suara disebut deejaying, atau DJing
dan cakupan kesempurnaan dari memainkan secara sederhana satu seri
rekaman-rekaman (terkait pengacaraan, atau menyusun sebuah daftar putar,
sampai memanipulasi rekaman-rekaman, menggunakan berbagai teknik
seperti audio mixing, cueing, phrasing, cutting, scratching, dan beatmatching, atau sering juga mengacu pada membuat komposisi musik asli.
Peralatan
Peralatan paling pokok yang diperlukan untuk seorang DJ untuk menjalankan aksinya terdiri dari:
- Rekaman suara dalam berbagai medium (seperti piringan hitam, CD, file MP3 dsb)
- Paling tidak mempunyai dua macam peralatan untuk memutar kembali (playback) rekaman-rekaman suara tersebut dan untuk tujuan memilih memainkan kembali rekaman secara maju mundur (seperti record players, compact disc players, mp3 players)
- Sebuah sistem tata suara (Sound System) untuk menguatkan dan memperbesar volume suara (Seperti portable audio system, radio wave broadcaster)
Juga peralatan penunjang lain seperti sebuah pencampur (mixer) yang
digunakan untuk mennyelaraskan dua atau lebih peralatan playback. sebuah
mikropon yang digunakan untuk menguatkan suara manusia, dan headphone
yang digunakan untuk mendengarkan rekaman sambil memutarkan player yang
lain, tanpa kehilangan kontrol suara yang didengarkan pendengarnya,
adalah sangat diperlukan. Macam-macam peralatan juga dapat ditambahkan ,
termasuk samplers, drum machines, effects processors, slipmats, dan Computerized Performance Systems.
Teknik-teknik dalam DJ
Ada berbagai macam teknik yang dapat diterapkan oleh seorang DJ untuk
memanipulasi musik yang telah direkam sebelumnya. Disini termasuk
mencampur suara (audio mixing), cueing, slip-cueing, phrasing, memotong musik (cutting), beat juggling, menggesek ( scratching), menyamakan ketukan (beatmatching), menjatuhkan jarum (needle drops), menggeser fasa (phase shifting), dan masih banyak lagi.
Kekuasaan DJ dan pengaruh ekonomi
Sepanjang dekade 1950-an, payola
telah menjadi masalah berkepanjangan. Bagian terparah dari skandal
payola tersebut adalah kekuasaan yang lebih terhadap musik oleh
manajemen stasiun. Bentuk baru Top 40
juga dimunculkan, dimana lagu-lagu yang populer diputar berulang-ulang.
Sekarang, hanya sedikit dari beberapa DJ di Amerika Serikat mempunyai
kuasa melalui apa yang diputarnya di udara. Daftar putar (playlist)
dikontrol sangat ketat, dan para DJ seringkali tidak diijinkan membuat
perubahan atau penambahan. Lagu-lagu yang diputar biasanya dipilih
berdasarkan algoritma komputer dan teknik otomasi seperti lacak suara (voice tracking)
mengijinkan seorang DJ untuk mengirimkan pemberitahuan melalui banyak
stasiun. Walaupun kadangkala lagu-lagu yang diinginkan seringkali dapat
digantikan oleh sistem ini. Sebuah lagu mungkin diumumkan sama seperti
permintaan DJ walaupun baru saja dimunculkan dalam daftar putar. Secara
ekonomis, rumusan ini telah mencapai sukses disemua penjuru negeri.
Namun bagaimanapun, musik seperti ini secara praktikal kelihatan
memuakkan dan yang mana orang-orang banyak yang mencari-cari bentuk
bebas dalam format stasiun radio yang memposisikan kembali kontrol para
DJ, atau mengakhiri radio terestrial dan kemudian beralih ke layanan
radio satelit atau pemutar musik portabel seperti iPods. Stasiun radio kampus (College radio) dan radio publik yang lain adalah tempat-tempat yang paling umum untuk bentuk bebas daftar putar di Amerika Serikat .
Macam-macam DJ
Dalam pengertiannya, aksi memilih dan memainkan rekaman suara untuk
pendengar yang menginginkan adalah sama untuk setiap DJ. Musik yang
dipilihnya, Media yang digunakan, dan tingkatan kesempurnaan dari
manipulasi suara adalah faktor-faktor yang membuat tipe DJ yang
berbeda-beda. Daftar dibawah ini adalah sebuah daftar dari berbagai tipe
paling pokok dari DJ, melalui setiap catatan yang perlu diperhatikan,
terdaftar secara kronologis berdasarkan tanggal lahirnya.
DJ-DJ Radio
Seorang disc jockey radio adalah seseorang yang memilih dan memainkan
musik yang kemudian dipancarluaskan melalui gelombang radio.
Para DJ kamar tidur (Bedroom’s DJ)
Seseorang yang mempunyai peralatan (seperti turntables, mixer, CDJ
dsb) dan mempunyai kesabaran untuk musik, namun tidak dimainkan di
tengah keramaian bar atau acara khusus. malahan, mereka lebih suka
memainkan musik mereka dirumah temannya, merekam mixtapes atau melalui
internet via perangkat lunak broadcasting suara, seperti shoutcast.
DJ-DJ klub
Seorang DJ klub adalah seseorang yang memilih dan memainkan musik
dalam sebuah setelan klub. Setting dapat bermacam-macam mulai dari klub
kecil, pesta tetangga, disko, atau acara dalam stadion.
Seorang DJ Hip hop adalah seseorang yang memilih,memainkan dan
menciptakan musik dan juga sebagai seorang artis hip hop dan atau juga
pembawa acara,biasanya membantu satu atau lebih MCs.
Jadi kita bisa menarik kesimpulan apa arti kata “HIPHOP” ?
Ternyata hiphop itu bukan saja memakai pakaian besar (Longgar), tapi
hiphop itu adalah sebuah budaya yang tumbuh apa tahun 1970’an
dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip Hop juga merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari MCing (lebih dikenal rapping), DJing, Breakdance, Graffiti,fashion, bahasa slang,BeatBoxing dan gaya hidup lainnya.
Pesan : Kalau hiphop adalah sebuah kebudayaan, berarti hiphop itu
bukan juga di bilang sebagai music biasa, tapi hiphop itu bisa menjadi
kehidupan ..
Apa bila ada yang salah dengan kata atau kalmiat yang saya terapkan
di atas, mohon di maklumi ya, soalnya saya masih kaku Arti kata “Hiphop” .
Sekian dari saya, Terima kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar